7 Cara Ampuh Bikin Rumah Bebas Tungau

Share

Tungau kmenimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari gatal-gatal hingga susah tidur. Jika kasur sudah menjadi sarang tungau, maka langkah paling mudah dan cepat untuk menghentikan serangan tungau adalah mengganti kasur dengan kasur latex yang tak disukai tungau. Kasur jenis latex ini memiliki rasa yang pahit bagi tungau karena terbuat dari bahan getah karet. Tungau tak akan suka tinggal dan berkembang biak di kasur latex sehingga semua anggota keluarga terlindungi dari tungau.

Lantas bagaimana jika Anda baru saja mengganti kasur dan belum berencana untuk membeli yang baru? Selain mengganti kasur, untuk melindungi anggota keluarga dari tungau gunakanlah mattress protector atau pelindung kasur. Tentu saja Anda harus memilih mattress protector yang berkualitas dan anti tungu seperti mattress protector Stopwetz. Stopwetz Mattress Protector memiliki lapisan anti tungau, anti air, mempunyai permukaan yang sangat lembut karena terbuat dari bahan 100% combed cotton, permukaan yang lebih dingin dan tidak menimbulkan suara.

Dijamin, jenis kasur latex dan mattress protector Stopwetz akan melindungi keluarga saat sedang beristirahat dari gangguan tungau. Tetapi penggunaan kasur latex dan mattress protector Stopwetz tidak serta merta akan membebaskan rumah Anda dari tungau lho. Mengapa? Sebab tungau tak hanya bisa bermukim di kasur saja namun juga bisa berkembang biak di sofa, karpet, bantal, material berbahan wol, koper hingga di celah-celah dinding. Lantas bagaimana membebaskan rumah dari tungau? Simak 7 cara jitu rumah bebas dari tungau berikut ini

Membersihkan kasur dan bantal agar rumah bebas tungau

Jika ingin mempertahankan kasur lama, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan dan membasmi tungau di kasur tersebut. Meski berukuran kecil, tungau membuang kotoran 20x dalam sehari. Bisa dibayangkan betapa banyak kotoran tungau di kasur Anda ‘kan?

Untuk membersihkan kasur dari tungau dan kotorannya, Anda bisa menggunakan alat untuk untuk menyedot debu dan sekaligus tungau. Bukan penyedot debu biasa, vacuum cleaner jenis mite catcher ini mampu menyemburkan udara panas hingga 40 derajat celcius. Vacuum cleaner ini juga memiliki kombinasi efek putaran setrifugal sehingga mampu membersihkan kasur sampai 99%. Lakukan langkah pembersihan yang sama untuk semua bantal-bantal.

Setelah kasur dan bantal bersih, secara berkala lakukan pembersihan lagi pada kasur dan bantal agar tungau tak kembali berkembang biak di kasur. Hindari pula makan di atas kasur supaya kebersihan kasur tetap terjaga.

Membersihkan sofa dan karpet

Bersihkan pula sofa dan karpet seperti halnya langkah pembersihan yang dilakukan pada kasur dan bantal. Gunakan vacuum cleaner khusus sehingga sofa dan karpet bisa benar-benar terbebas dari debu-debu dan tungau.

Membersihkan sprei dan selimut

Jika kasur, bantal, sofa dan karpet sudah dibersihkan, bersihkan pula sprei dan selimut. Tak cukup hanya dengan mencucinya seperti biasa, cucilah sprei dan selimut dengan air panas bersuhu 54 derajat celcius. Jangan lupa untuk mengganti sprei dan selimut setiap seminggu sekali.

Membersihkan gorden

Gorden juga menjadi tempat yang nyaman untuk tungau. Tak hanya tungau, gorden menyimpan banyak debu dan kotoran lainnya. Untuk itu cucilah gorden atau ganti gorden secara berkala. Ada baiknya, pilih gorden berbahan kain tipis yang berasal dari bahan sintetis agar mudah dicuci.

Merapikan tembok rumah

Jarang diketahui bahwa cat tembok yang mengelupas atau lapisan tembok yang terbuka, bisa menjadi sarang berkembang biaknya tungai. Maka sebaiknya segera bersihkan dan menutup celah atau retak agar rumah bebas tungau. Sebab celah-celah seperti itu juga menjadi tempat favorit bagi tungau untuk bersembunyi.

Membersihkan lantai rumah

Kebersihan lantai rumah juga penting untuk diperhatikan. Selain dengan mengepel atau menyedot debu, sebaiknya hindari menggunakan alas kaki di dalam rumah. Tujuannya untuk mencegah masuknya bakteri dan debu-debu yang lebih banyak lagi. Jika memang harus menggunakan alas kaki, pastikan alas kaki untuk di dalam rumah selalu bersih dan dibersihkan secara berkala. Sebab biasanya banyak debu yang menempel di bagian bawah alas kaki.

Perhatian sirkulasi udara untuk menjaga agar rumah bebas tungau

Sirkulasi udara yang baik tentunya akan membuat rumah tidak lembab dan penghuni rumah terjaga kesehatannya. Namun waspadai pula debu-debu yang masuk ke dalam rumah saat jendela-jendela dibuka. Saat musim pancaroba tiba, sebaiknya tutup jendela-jendela untuk menghindari debu-debu yang masuk ke dalam rumah akibat angin yang berhembus lebih kencang. Periksa pula ventilasi udara dan segera lakukan penggantian jika sudah banyak debu-debu terkumpul.

Nah, dengan pembersihan yang total seperti ini diharapkan jumlah tungau di dalam rumah bisa berkurang. Jangan cepat puas dengan satu kali pembersihan saja, lakukan pembersihan secara berkala agar tungau-tungau yang masih tersisa tak sempat berkembang pesat. Dan jika ada anggota keluarga yang terkena kudis akibat tungau kasur, segera lakukan pengobatan hingga tuntas agar rumah benar-benar bebas tungau.

  • Yuk Kenali Insomnia atau Kesulitan Tidur

    Seberapa sering Anda mengalami kondisi susah tidur? Gangguan sulit tidur wajar terjadi seiring pertambahan usia, penurunan kondisi psikologis, penu...
  • 6 Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Apa yang harus dilakukan saat mata sulit terpejam? Pada kasus tertentu, gangguan tidur bisa diatasi dengan mengkonsumsi minuman sehat yang membantu...
  • Ini Dia 5 Bahaya Kerja Di Atas Kasur

    Siapa sih yang tak pernah kerja di tempat tidur? Anda pasti juga pernah ‘kan? Memeriksa beberapa pekerjaan sebelum tidur sambil menunggu rasa kantu...