5 Posisi Tidur Terbaik Saat Alami Sakit Pinggang

Share

Siapa sih yang tak pernah alamisakit pinggang? Hampir semua orang pernah mengalaminya mulai dari rasa nyeri yang terbilang ringan hingga berat. Penyebab nyeri pinggang pun sangat beragam. Penyebab yang berbeda membutuhkan cara penanganan yang berbeda pula. Dari begitu banyak kasus sakit pinggang, sekitar 85% adalah kasus nyeri pinggang non spesifik yang biasanya disebabkan cedera pada otot, cedera ligamen dan kram. Rasa nyeri umumnya muncul secara mendadak ketika penderita melakukan kegiatan yang berat dalam kurun waktu yang lama.

Nah, pada kasus nyeri pinggang non spesifik tersebut, biasanya dokter akan merekomendasikan penderita untuk beristirahat, mengompres dengan air hangat, mengkonsumsi obat analgesik atau bisa juga dengan memberikan suntikan lokal. Dalam kondisi sakit pinggang, penderita pada umumnya akan merasa tak nyaman ketika tidur. Berikut ini posisi tidur yang benar bagi penderita nyeri pinggang agar merasa lebih nyaman dan kondisi nyeri pinggang tak semakin memburuk.

Hindari Tidur Dengan Posisi Menyamping Jika Alami Sakit Pinggang

Posisi tidur menyamping biasanya menjadi posisi tidur yang paling dihindari para penderita sakit pinggang. Sebab posisi tidur menyamping akan menekan pinggang dan menarik tulang belakang sehingga keluar dari posisinya. Untuk menyiasatinya, letakkan bantal atau guling di antara kedua lutut. Bantal akan membantu menjaga panggul, pinggul dan tulang belakang sehingga berada dalam posisi yang benar. Tambahkan lagi sebuah guling untuk dipeluk sehingga punggung tetap berada dalam posisi sejajar. Dengan trik ini, penderita nyeri pinggang tetap bisa tidur dengan posisi menyamping. Tertarik untuk mencoba?

Posisi Tidur Telentang Baik Saat Alami Sakit Pinggang

Posisi tidur telentang menjadi pilihan favorit saat sakit pinggang datang menyerang. Pada posisi tidur ini, punggung berada dalam posisi lurus. Berat badan pun dapat ditopang dengan baik dan merata. Selain itu, posisi tidur telentang dapat mengurangi tekanan pada bagian leher, kepala dan tulang belakang. Untuk mendapatkan kenyamanan yang optimal, tambahkan sebuah bantal kecil atau handuk yang digulung pada bagian bawah lutut. Tujuannya tak lain untuk memberikan tambahan penopang pada tubuh agar kepala dan kaki berada dalam posisi sejajar. Tambahan bantal ini juga berfungsi menjaga lekuk alami dari tulang belakang.

Posisi Tidur Meringkuk Baik Untuk Penderita Syaraf Kejepit

Tidur meringkuk seperti janin dalam kandungan baik adalah posisi yang baik untuk Anda yang mengalami sakit pinggang. Posisi tidur ini tak hanya baik untuk penderita sakit pinggang tetapi juga bagi penderita saraf kejepit. Posisi tidur meringkuk seperti janin akan membuka ruang untuk sendi-sendi yang berada di antara tulang belakang. Untuk mendapatkan posisi tidur meringkuk yang nyaman, tekuklah lutut kearah dada sehingga punggung berada dalam posisi relatif lurus. Jangan lupa untuk memakai bantal yang nyaman dan cukup empuk untuk menopang leher dan juga kepala.

Posisi Tidur Menyandar atau Berbaring

Posisi tidur ini merupakan variasi dari posisi tidur telentang dan lebih cocok untuk penderita Spondylolisthesis isthmic, yakni suatu kondisi yang disebabkan salah satu ruas atas tulang belakang mengalami pergeseran oleh ruas yang berada di bawahnya. Posisi tidur dengan bersandar ini persis seperti ketika Anda duduk bersandar pada sebuah kursi. Bedanya, kali ini Anda tidur bersandar di tempat tidur. Pada posisi ini, tangan bisa diletakkan di samping tubuh atau di atas perut. Posisi tidur bersandar ini sangat nyaman dan aman bagi punggung.

Hindari Posisi Tidur Telungkup Saat Menderita Nyeri Punggung

Posisi tidur telungkup sebenarnya kurang tepat untuk penderita nyeri punggung. Sebab pada posisi tidur telungkup, tekanan pada leher akan lebih banyak. Namun sebagian orang merasa nyaman dan bisa beristirahat dalam posisi ini. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menempatkan sebuah bantal di bagian perut. Tujuannya tidak lain agar tulang belakang berada dalam posisi sejajar. Gunakan pula bantal dengan ketebalan yang sama untuk menopang kepala dengan posisi kepala menyamping ke kiri maupun ke kanan.

Nah, demikianlah 5 posisi tidur yang benar jika Anda sedang dalam kondisi sakit pinggang. Dengan posisi tidur seperti ini, nyeri pinggang tidak semakin menyiksa dan Anda pun akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Dengan tidur yang berkualitas, maka penyembuhan akan berjalan dengan lebih optimal.



  • Yuk Kenali Insomnia atau Kesulitan Tidur

    Seberapa sering Anda mengalami kondisi susah tidur? Gangguan sulit tidur wajar terjadi seiring pertambahan usia, penurunan kondisi psikologis, penu...
  • 6 Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Apa yang harus dilakukan saat mata sulit terpejam? Pada kasus tertentu, gangguan tidur bisa diatasi dengan mengkonsumsi minuman sehat yang membantu...
  • Ini Dia 5 Bahaya Kerja Di Atas Kasur

    Siapa sih yang tak pernah kerja di tempat tidur? Anda pasti juga pernah ‘kan? Memeriksa beberapa pekerjaan sebelum tidur sambil menunggu rasa kantu...