6 Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

Share

Apa yang harus dilakukan saat mata sulit terpejam? Pada kasus tertentu, gangguan tidur bisa diatasi dengan mengkonsumsi minuman sehat yang membantu untuk tidur nyenyak. Biasanya minuman ini ampuh bagi mereka yang tiba-tiba mengalami kesulitan tidur. Sementara bagi mereka yang mengalami gangguan tidur berat, sebaiknya segera mencari bantuan untuk mendapatkan terapi. Nah, berikut ini daftar minuman sehat atasi susah tidur yang bisa dicoba.

  • Jus Buah Ceri Baik Untuk Anda Yang Susah Tidur 

  • Jus Buah Ceri Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Apakah Anda mempunyai persediaan buah ceri di rumah? Ternyata buah ceri bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak. Buah ceri memiliki kandungan anti radang yang bisa membantu jam biologis. Efeknya, siklus tidur pun menjadi lebih teratur. Untuk membuatnya, siapkan  2 ons buah ceri. Lalu buatlah jus dari buah ceri tersebut tanpa menambahkan gula sedikit pun. Minumlah dalam keadaan segar saat perut dalam keadaan kosong. Minumlah jus buah ceri secara teratur selama dua minggu.

  • Susu Hangat Baik Untuk Anda Yang Susah Tidur

  • Susu Hangat Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Bukan hanya cocok diminum di pagi hari saat hendak beraktivitas, susu dapat diminum di malam hari menjelang tidur. Susu yang mengandung senyawa aktif triptofan, mampu merangsang otak untuk memproduksi dua hormon penting yakni hormon melatonin dan hormon serotonin. Kedua hormon ini membantu tubuh untuk lebih tenang sehingga lebih cepat merasakan kantuk. Tak hanya mengandung senyawa aktif triptofan saja, susu juga mengandung kalsium tinggi yang juga bisa mengundang kantuk.

  • Teh Chamomile dan Minyak Lavender

  • Teh Chamomile dan Minyak Lavender Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Mengkonsumsi teh herbal bunga chamomile dan mengkombinasikannya dengan minyak lavender telah terbukti membuat tidur lebih nyenyak. Teh bunga chamomile mempunyai efek menenangkan pikiran dan sekaligus menghilangkan stres. Sementara minyak lavender membantu melemaskan saraf yang tegang setelah Anda seharian beraktivitas. Jadi, kedua herbal ini benar-benar kombinasi yang sempurna untuk mengantar tidur.

    Untuk membuat teh herbal ini, siapkanlah 2 kantong teh chamomile. Kemudian seduh dengan air hangat selama kurang lebih 8 menit. Lantas aduk perlahan-lahan dan tambahkan dengan 1 tetes atau 2 tetes minyak lavender murni. Sebaiknya konsumsilah teh herbal ini 30 menit hingga 60 menit sebelum waktu tidur.

  • Teh Jeruk Nipis

  • Teh Jeruk Nipis Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Satu lagi minuman teh yang bisa atasi susah tidur adalah teh jeruk nipis. Minuman teh jeruk nipis mampu mengatasi kegelisahan, kecemasan dan meningkatkan tekanan arteri. Minuman ini sangat cocok diminum saat Anda merasakan lelah yang amat sangat atau lelah kronis. Untuk membuatnya, seduh teh dengan air hangat lalu aduk-aduk pelan. Kemudian tambahkan dengan perasan 1 butir jeruk nipis. Minumlah teh jeruk nipis ini sesaat sebelum tidur.

  • Teh Pisang

  • Teh Pisang Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Meskipun terdengar sedikit aneh, namun Anda wajib mencoba teh yang satu ini saat susah tidur. Untuk membuatnya, siapkanlah sebuah pisang. Jika bisa, pilihlah buah pisang organik. Kemudian cuci bersih dan potong kedua ujung pisang. Lalu masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Rebus buah pisang tersebut selama 10 menit dengan api sedang. Lantas saring airnya dan taburi dengan bubuk kayu manis. Minumlah setidaknya 1 jam sebelum tidur.

    Teh pisang ini mengandung zat tanin yang memiliki sifat menenangkan dan magnesium yang membantu untuk tidur. Kedua zat tersebut akan membuat otot-otot Anda menjadi lebih rileks sehingga rasa kantuk cepat datang dan Anda bisa tidur dengan lelap.

  • Ramuan Rempah-Rempah

  • Ramuan Rempah Rempah Cocok Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Jika Anda suka memasak, tentu di dapur tersedia banyak rempah-rempah. Ternyata, rempah-rempah ini pun bisa membantu mengatasi sulit tidur. Untuk membuat ramuan rempah-rempah ini, siapkanlah semangkuk kecil susu almond. Hangatkan susu tersebut lalu masukkan kunyit, madu dan kapulaga. Minumlah ramuan ini selagi hangat beberapa saat sebelum tidur. Rempah-rempah ini akan membantu mengatasi insomnia, membuat tidur lebih nyenyak dan membantu Anda bangun dengan tubuh yang lebih segar.

    Itulah beberapa pilihan minuman sehat untuk atasi susah tidur. Anda bisa memilih salah satu minuman sehat menyesuaikan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Minuman sehat ini menjadi pilihan yang tepat jika Anda tak ingin mengkonsumsi obat tidur. Selamat mencoba!




  • Yuk Kenali Insomnia atau Kesulitan Tidur

    Seberapa sering Anda mengalami kondisi susah tidur? Gangguan sulit tidur wajar terjadi seiring pertambahan usia, penurunan kondisi psikologis, penu...
  • 6 Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Apa yang harus dilakukan saat mata sulit terpejam? Pada kasus tertentu, gangguan tidur bisa diatasi dengan mengkonsumsi minuman sehat yang membantu...
  • Ini Dia 5 Bahaya Kerja Di Atas Kasur

    Siapa sih yang tak pernah kerja di tempat tidur? Anda pasti juga pernah ‘kan? Memeriksa beberapa pekerjaan sebelum tidur sambil menunggu rasa kantu...