Ini Dia 5 Bahaya Kerja Di Atas Kasur

Share

Siapa sih yang tak pernah kerja di tempat tidur? Anda pasti juga pernah ‘kan? Memeriksa beberapa pekerjaan sebelum tidur sambil menunggu rasa kantuk datang menjadi alasan bagi sebagian orang untuk bekerja di tempat tidur. Terlebih lagi jika Anda menggunakan kasur latex yang nyaman, jadilah beberapa jam sebelum tidur dihabiskan untuk bekerja. Padahal ada sejumlah kerugian bekerja di tempat tidur. Tak percaya? Simak 5 bahaya kerja di atas kasur. 

  • Mengurangi Waktu Istirahat

  • Mungkin Anda beranggapan, tak ada salahnya bekerja beberapa saat di atas tempat tidur sambil menunggu kantuk datang. Kenyataannya, kamar tidur dan tempat tidur yang nyaman justru akan membuat mata segar. Ditambah lagi dengan pekerjaan yang harus diselesaikan, maka rasa kantuk pun menghilang. Tentu saja keadaan ini membuat waktu istirahat Anda menjadi berkurang. Efeknya, tubuh akan terasa pegal-pegal saat bangun tidur, badan terasa lemas sepanjang hari, sulit berkonsentrasi dan sederet gangguan lainnya.

  • Bahaya Kerja di Atas Tempat Tidur Bisa Memicu Sakit Pinggang

  • Kasur latex mampu menopang tubuh dengan baik sehingga memberikan rasa nyaman saat tidur dan menjaga dari kerusakan tulang belakang. Namun ada sebagian orang yang masih mengeluhkan sakit pinggang meski telah menggunakan kasur latex yang berkualitas. Mengapa bisa terjadi? Setelah ditelusuri ternyata mereka yang sakit pinggang memiliki kebiasaan bekerja di tempat tidur.

    Posisi tubuh di atas tempat tidur sambil memangku laptop atau buku ternyata menjadi penyebab munculnya sakit pinggang. Karena itu sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Bekerjalah di ruang kerja yang memiliki meja dan kursi sehingga tubuh berada dalam posisi yang nyaman. Kembalikan fungsi kamar tidur dan tempat tidur sebagai tempat untuk beristirahat.

  • Tempat tidur menjadi kotor

  • Apa saja yang Anda bawa saat bekerja di atas tempat tidur? Sebuah laptop, beberapa tumpuk laporan yang dibawa dari kantor, buku agenda, smartphone, dan beberapa lembar kertas-kertas sepertinya terlihat wajar saja untuk diusung saat bekerja di atas kasur. Tapi tahukah Anda bahwa benda-benda tersebut menyimpan kotoran?

    Tumpukan laporan yang dibawa dari kantor mungkin saja menyimpan debu-debu yang lantas jatuh di sprei kasur. Belum lagi debu dan bakteri yang menempel di smartphone dan laptop yang sudah dipegang puluhan kali dalam sehari. Ditambah pula dengan lembar-lembaran kertas yang sudah berpindah tangan sepanjang hari di kantor Anda. Jadi ketika bekerja di atas tempat tidur, Anda sedang memindahkan banyak debu, kotoran dan juga bakteri ke sprei pelapis kasur. Tentu saja, tidur Anda akan terganggu dengan tempat tidur yang tak lagi bersih.

  • Menurunkan Produktivitas Kerja

  • Salah besar jika Anda berpikir bahwa dengan membawa pekerjaan di atas kasur menunjukkan tingginya produktivitas kerja. Kenyataan Anda sampai harus mengusung pekerjaan ke rumah bahkan hingga merampas waktu tidur justru menunjukkan Anda bekerja dengan kurang efektif. Karena itu, cobalah melakukan evaluasi terhadap cara kerja yang selama ini dilakukan. Bisa jadi, waktu kerja di kantor kurang digunakan dengan baik sehingga waktu yang ada tak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan.

    Pekerjaan yang dibawa hingga ke atas kasur dan memotong waktu istirahat akan membuat produktivitas menurun. Anda akan merasa bosan karena menghabiskan sebagian besar waktu untuk bekerja dan kurangnya waktu untuk beristirahat.

  • Merusak Relasi Dengan Pasangan

  • Bagi mereka yang sudah menikah, menjelang tidur menjadi waktu yang berharga untuk menghangatkan relasi dengan pasangan. Anda bisa berbincang-bincang atau bercanda sejenak dengan pasangan. Anda dan pasangan juga bisa saling bertukar cerita tentang kegiatan sepanjang hari, saling memberi semangat dan juga berbagi harapan untuk masa depan yang bisa menjadi penyemangat hidup. Sebaliknya jika Anda membawa pekerjaan di atas tempat tidur, maka tak ada lagi kesempatan untuk menyapa pasangan dan menghangatkan relasi.

    Dari pemaparan tentang 5 bahaya kerja di atas tempat tidur tersebut, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan kerja di atas tempat tidur. Kasur latex yang nyaman bukanlah tempat untuk bekerja melainkan tempat untuk beristirahat. Saat memasuki kamar tidur, tinggalkan pekerjaan, laptop dan juga gadget agar tubuh benar-benar mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Dijamin, produktivitas Anda pasti meningkat!




  • Yuk Kenali Insomnia atau Kesulitan Tidur

    Seberapa sering Anda mengalami kondisi susah tidur? Gangguan sulit tidur wajar terjadi seiring pertambahan usia, penurunan kondisi psikologis, penu...
  • 6 Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

    Apa yang harus dilakukan saat mata sulit terpejam? Pada kasus tertentu, gangguan tidur bisa diatasi dengan mengkonsumsi minuman sehat yang membantu...
  • Ini Dia 5 Bahaya Kerja Di Atas Kasur

    Siapa sih yang tak pernah kerja di tempat tidur? Anda pasti juga pernah ‘kan? Memeriksa beberapa pekerjaan sebelum tidur sambil menunggu rasa kantu...