5 Tips Bikin Kamar Tidur Yang Nyaman

Share

Setiap orang pasti ingin memiliki kamar tidur yang nyaman supaya tidur bisa nyenyak dan kembali bugar saat hendak beraktifitas. Beberapa orang mendekorasi kamar tidur mereka dengan sederhana. Sementara itu ada pula orang-orang yang mendekorasi kamar tidurnya dengan cukup berlebihan sehingga kamar tidur kehilangan fungsi utamanya. Nah, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, sebaiknya interior kamar tidur mengutamakan dua hal penting yakni kesehatan dan kenyamanan. Berikut ini tips dekorasi kamar tidur agar sehat dan nyaman.

  • Gunakan Sprei, Bed Cover dan Tirai Putih Agar Kamar Terasa Bersih dan Nyaman

Warna-warna yang cerah untuk kamar memang mampu menghadirkan keceriaan dan kehangatan. Namun untuk kebersihan, sebaiknya jangan lupakan warna putih untuk sprei, bedcover dan tirai. Mengapa? Sebab warna putih memudahkan Anda mengukur kebersihan kamar. Debu-debu dan kotoran dengan mudah dapat terlihat sehingga Anda bisa segera membersihkan dan menjadi lebih peka terhadap kebersihan kamar.

Warna putih memberikan efek menenangkan dan juga mengurangi rasa cemas. Dengan warna putih yang mendominasi kamar, kondisi susah tidur akan lebih mudah teratasi dan Anda dapat tidur lebih lelap. Untuk menghindari rasa bosan, sesekali sprei, bedcover dan tirai bisa diganti dengan warna-warna cerah lainnya. Namun hindari menggunakan warna-warna gelap seperti warna hitam karena bisa menyembunyikan kotoran dan debu.

  • Berikan Pencahayaan Yang Cukup Agar Kamar Tidur Lebih Nyaman

    Betul sekali, cahaya kamar yang redup akan membantu Anda tertidur lebih cepat. Tetapi bukan berarti lampu kamar tidur harus dibuat redup seluruhnya. Sebaiknya sediakan dua buah lampu yakni lampu utama yang terang dan lampu tidur yang redup. Lampu tidur dapat dinyalakan menjelang tidur untuk menggantikan lampu utama. Secara bertahap, cobalah untuk tidur dalam keadaan lampu mati atau gelap. Tidur dalam kamar yang gelap akan membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur dalam keadaan gelap juga membantu mencegah depresi.

    Mengapa lampu utama yang terang dibutuhkan di dalam kamar? Lampu utama dengan cahaya yang cukup membantu Anda untuk melihat kondisi kamar tidur dengan lebih jelas. Kotoran dan benda-benda yang mengganggu akan terlihat jelas dalam pencahayaan ini. Pencahayaan yang cukup juga membantu Anda mempersiapkan tempat tidur sebelum beristirahat.

    • Gunakan Wewangian Agar Kamar Tidur Lebih Nyaman

      Kamar yang berbau apek sudah pasti tak bagus untuk kesehatan dan membuat tak nyaman. Jika sudah begini, Anda wajib mencari tahu sumber bau apek tersebut. Bau apek bisa berasal dari karpet yang lembab, keset yang basah, tirai atau bedcover yang sudah lama tak diganti.

      Jika sumber bau apek sudah dihilangkan, manfaatkanlah wewangian misalnya saja dari lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi akan membuat kamar tidur tetap wangi dan segar. Beberapa wewangian bisa membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan salah satu solusi atasi susah tidur.

      • Keseimbangan dalam Kamar Tidur Bikin Kamar Tidur Lebih Nyaman

        Keseimbangan kamar tidur yang dimaksudkan adalah keseimbangan dalam penempatan dekorasi dan perabotan di dalam kamar. Jika kamar tidur berukuran kecil, sebaiknya pilihlah perabotan yang berukuran rendah. Tambahkan pula cermin lebar di salah satu sisi dinding kamar untuk memberi kesan luas.

        Untuk penempatan tempat tidur, sebaiknya letakkan tempat tidur di bagian tengah supaya bisa dijangkau dari setiap sisi. Hindari menempatkan tempat tidur di depan pintu atau jendela untuk menghindari terpaan langsung udara dari luar. Pastikan juga, Anda memilih kasur yang tepat untuk melengkapi tempat tidur.

        • Bikin Sudut Santai Agar Kamar Tidur Lebih Nyaman

          Bagi sebagian orang, beristirahat di kamar tidur tidak selalu dilakukan dengan berbaring di atas kasur. Menjauhkan diri dari rutinitas dan beristirahat di kamar tidur bisa dilakukan pula dengan cara sekedar duduk-duduk santai. Untuk itu tak ada salahnya menyediakan satu sudut santai. Sudut santai bisa dibuat dengan cara yang sederhana. Misalnya saja dengan menempatkan sebuah sofa, kursi atau karpet di salah satu sudut kamar. Jika sudut santai ini berhadapan langsung dengan jendela, maka dari sudut santai tersebut Anda bisa melihat pemandangan di luar kamar. Sudut ini akan membuat Anda benar-benar bisa bersantai.

          Nah, semoga 5 tips dekorasi kamar tidur untuk kamar bersih dan sehat ini bisa menginspirasi Anda. Kamar tidur menjadi salah satu ruangan di dalam rumah yang berpengaruh besar terhadap produktivitas. Dari kamar tidur yang bersih dan sehat, tidur yang berkualitas pun bisa didapatkan. Efeknya, hari-hari Anda pun menjadi penuh semangat!



        1. Yuk Kenali Insomnia atau Kesulitan Tidur

          Seberapa sering Anda mengalami kondisi susah tidur? Gangguan sulit tidur wajar terjadi seiring pertambahan usia, penurunan kondisi psikologis, penu...
        2. 6 Minuman Sehat Untuk Anda Yang Susah Tidur

          Apa yang harus dilakukan saat mata sulit terpejam? Pada kasus tertentu, gangguan tidur bisa diatasi dengan mengkonsumsi minuman sehat yang membantu...
        3. Ini Dia 5 Bahaya Kerja Di Atas Kasur

          Siapa sih yang tak pernah kerja di tempat tidur? Anda pasti juga pernah ‘kan? Memeriksa beberapa pekerjaan sebelum tidur sambil menunggu rasa kantu...